29 June 2016

Perlukah Android di Root ?


Selamat siang malam pagi atau waktu setempat hehehe. Berjumpa lagi diblog yang tidak penting ini, pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk mengajak anda berdiskusi Perlukah Android di Root?  Seberapa Pentingkah Untuk Root Android ? Manfaat dan Kerugianya Apa Saja ?

Sebelum membahas tentang root android yang lebih mendalam, terlebih dahulu kita harus tahu maksut dari root tersebut. Root adalah Secara harfiah memiliki arti akar pohon, jadi bisa diartikan bahwa root adalah yang memiliki kedudukan paling tinggi ( yang di maksut adalah user yang paling tinggi ) tingkatannya dari sebuah sistem yang berjalan dan memiliki semua hak akses dan juga bisa merubah sistem tersebut, root bertanda # sedangkan user bertanda $ Kalo masih bingung saya berikan contoh sebagai berikut

Sebuah swalayan pasti memiliki pegawai dan swalayan tersebut pasti dimiliki oleh seseorang atau lebih yang biasanya di sebut owner ( pemilik swalayan ) , pegawai hanya bisa menjual barang dan melakukan pendataan barang yang terjuan ( kegiatanya terbatas ). Sedangkan owner atau pemilik memiliki hak untuk merubah harga barang, merubah desain swalayan dan bahkan juga bisa memecat pegawai ( hak yang lebih banyak ), owner kita sebuh sebagai hak root dan sedangkan pegawai adalah hak user biasa. sudah paham atau malah makin bingung :D, semoga saja paham dan saya angap sudah paham :D.

Apakah fungsi ROOT?

Karena Sistem Android memngunakan kernel Linux atau pondasinya adalah sistem linux, maka jika kita memiliki hak akses root kita bisa mengakses seluruh sistem yang ada , seperti pada Sistem Operasi Linux.

Hp android sudah memiliki hak akses root mempu memaksimalkan kinerja dari sistem dan juga hardware pada  hp, misalnya dengan membuka fitur yang di kunci pada sistem yang belum diroot, contohnya adalah, meninsatall aplikasi yang bukan dari playstore, uninstall aplikasi default flash Rom , merubah tampilan dan lain-lain.

Vendor hp android sobat pasti pada settingan bawaan memberikan hal-hal yang dapat dirubah atau tidak dapat dirubah ( akses dibatasi ) ini dilakukan sebenarnya untuk melindungi privasi pengguna sendiri. Tetapi terkadang kita membutuhkan untuk merubah settingan sistem android kita degan tujuan tertentu, tetapi jika kita masih belum memiliki hak akses root maka hal ini mustahil dilakukan, maka dari itu kenapa ada istilah rooting, ternyata rooting juga berguna bagi pengembang tidak hanya pengguna saja.

Misalnya adalah settingan firewall, cpu clock dan settingan lainya, kita tidak akan bise merubah settingan tersebut sebelum kita melakukan rooting, karena dengan rooting kita bisa mengakses seluruh settingan sistem android.

Pada dasarnya seluruh hp android termasuk tablet bisa dilakukan rooting, tetapi dengan metode yang berbeda beda, ada yang mudah sekali klik dan juga ada yang memerlukan ketelitian ekstra.

Tapi apakah sobat tahu dampak dari melakukan root pada android kita, bagaikan dua sisi pisau yang tajam, ada dampak positif dan juga negatif , apa saja dampak dari melakukan root pada android kita, berikut saya berikan beberapa dampak positif dan negatifnya. Hanya beberapa saja kalau semua tidak cukup jika hanya satu artikel :D

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android

Apakah keuntungan dan kerugian ROOT?

Kelebihan melakukan root Android :


  1. Hak akses yang tidak terbatas pada seluruh sistem Android
  2. Jengkel dengan aplikasi bawaan HP, anda bisa menhapusnya dengan melakukan root
  3. Backup sistem
  4. Merubah tampilan dan sistem Android
  5. Tentunya dapat mengakses seluruh aplikasi sistem
  6. Overclock processor 
  7. Meningkatklan kemampuan adnroid,disebabkan karena systemnya sudah berubah
  8. Install aplikasi yang memerlukan root

Kekurangan melakukan root Android
  1. Garansi HP sobat pasti akan hilang
  2. Mudah terserang virus ( api jarang ada khasus seperti ini, asal hati-hati pasti aman )
  3. Karena memiliki hak akses seluruh sistem,sobat coba untuk mengedit sistem ( jika saat mengedit ada yang salah atau gagal bisa berakibat fatal bahkan hp bisa mati )
  4. Android menjadi Brick atau mati , mesti presentasinya kecil.
Kesalah penalaran dalam arti "ROOT"

1.Istilah SU dalam root yang dimaksut adalah Switch User bukan SuperUser

2. Root bukan menginstall ROM atau Frimware , jadi root hanyalah hak akses yang dapat digunakan untuk merubah sistem android.

3. Android yang diroot dapat dikembalikan seperti semula dengan melakukan un-root, dan garansi kembali seperti semula ( asal sistem yang digunakan masih sama )

Perlu sobat ketahui untuk melakukan root terhapad Hp android sobat , sobat bisa menggunakan beberapa metode, yang pertama adalah root android dengan batuan pc atau komputer, dan metode kedua hanya dengan batuan aplikasi yang langsung dipasang di hp android sobat Metode root tanpa menggunakan PC atau komputer . tetapi tidak semua android bisa melakukan kedua metode yang saya sampaikan ,jadi ada baiknya sobat cek terlebih dahulu di forum-forum yang membahas hp android sobat

Saran saya lakukan root jika memang diperlukan dan anda memahami fungsi dari root tersebut, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumya melakukan root pada android memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Fikirkan dengan matang sebelum sobat melakukan root android sobat


Sekian dari artikel Perlukah Android di Root, semoga bermanfaat . Mohon maaff jika tulisany berantakan dan susah untuk dipahami, jika ada pertanyaan saya siap membantu.

Artikel Terkait

Link aktif akan dihapus
EmoticonEmoticon