11 March 2017

Fungsi dan Pengertian Sistem Operasi Komputer

Trikkacang - Pengertian Sistem operasi  dan fungsi sistem operasi komputer adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memanajemen dan mengkontrol perangkat keras serta operasi dasar dari sebuah sistem, termasuk menjalankan dan menampilkan aplikasi seperti aplikasi pengolah data yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Intinya fungsi sistem operasi  adalah untuk menjalankan sebuah hardware komputer dan menampilkanya ( Userinterface ) di monitor agar manusia dapan menjalankan sebuah komputer.

contoh sistem operasi macam macam sistem operasi jenis jenis sistem operasi fungsi sistem operasi

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan atau layer pertama yang di install pada memori pemyimpanan komputer ( hardisk bukan RAM ), pada saat proses booting atau komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh sistem operasi
 

1. Unix
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user. 


2. Apple Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2002 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9.


3. Microsoft Windows
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS

Versi windows yang sudah dirilis

  1. Windows  versi 16bit berjalan di atas MS-DOWS : windows 1.0, 2.0, 3.0 , 3.1, Windows for Workgroups 3.1, Windows for Workgroups 3.11
  2. Windows versi Hibrida 16-bit/32-bit : windows 95, 98, 98 Second Edition, Windows Millennium Edition (ME)
  3. Windows berbasi kernel Windows NT : windows NT 3.1, NT 3.5, NT 3.51, NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, 8.1, Windows 10 yang terbaru ( bukan termasuk windows Server )


Source : wikipedia

4. Linux
Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


5. Android
Android (/ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Versi Android Yang sudah dirilis :

22 Agustus 2016
24
Kurang dari 0.1%
19 Agustus 2015
23
15 Oktober 2014
21
31 Oktober 2013[180]
19
24,5%
24 Juli 2013
18
8%
13 November 2012
17
20,7%
9 Juli 2012
16
25,1%
16 Desember 2011
15
9,6%
15 Juli 2011
13
10 Mei 2011
12
9 Februari 2011
10
11,7%
6 Desember 2010
9
20 Mei 2010
8
0,7%
26 Oktober 2009
7
15 September 2009
4
30 April 2009
3



Demikian tentang pengertian sistem operasi yang saya himpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.

NB: Sistem operasi sendiri sampai saat ini masih terus berkembang dan memiliki banyak versi, contoh diatas hanya semata-mata contoh masih banyak lagi yang belum saya sebutkan , trimakasih 


Incoming search terms:

contoh sistem operasi
macam macam sistem operasi
jenis jenis sistem operasi
fungsi sistem operasi

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

2 komentar

Saya cuma pernah menggunak Windows, lainnya belum hehehe.

hpnya agan apa, masak tidak pernah memakai sistem operasi android hihi

Link aktif akan dihapus
EmoticonEmoticon